10 Cara Membuat Rumah dengan Biaya Murah

10 Cara Membuat Rumah dengan Biaya MurahPada masa kini, banyak orang yang lebih memilih membeli rumah siap huni. Alasan utamanya tidak lain ialah mahalnya biaya pembuatan rumah. Padahal, membuat rumah tidak selalu membutuhkan biaya yang banyak. Bila tahu triknya, kita tetap dapat menghemat biaya pembuatan rumah. Apa saja cara untuk menekan pengeluaran saat membangun rumah? Simak ulasannya berikut ini.

1.      Menghitung semua kebutuhan bahan secara detail

Bahan bangunan seringkali menjadi penyebab mahalnya pembangunan rumah. Namun, hal ini bisa kita hindari jika kita mempersiapkannya dengan benar. Sebelum membeli bahan, kita harus menghitung dulu rincian bahan yang dibutuhkan. Dengan begitu, kita dapat menghindari terjadinya pembelian tambahan. Membeli bahan-bahan sekaligus juga memungkinkan kita mendapatkan potongan harga.

2.      Mencari tenaga professional

Pekerjaan yang dibuat oleh seorang professional akan menghasilkan sesuatu yang berkualitas. Oleh Karena itu, kita membutuhkan jasa mereka. Meskipun ingin hemat, kita tidak boleh mengambil resiko pada pembuatan rumah kita. Bila nanti terjadi masalah, kita malah memperbanyak pengeluaran kita. Agar untuk menghemat biaya pembangunan, pilihlah blok-bok semen pra-cetak. Jenis bahan ini dapat mempercepat proses pembangunan. Artinya, kita juga dapat memangkas upah tenaga kerja.

3.      Menggunakan bahan bangunan yang sederhana

Menghemat biaya pembangunan bukan berarti kita membeli bahan bangunan yang kualitasnya jelek. Namun, kita harus mempertimbangkan bahan mana yang berkualitas dan biaya perawatannya murah. Misalnya seperti membuat dinding dan atap dari gabungan beton-beton. Sementara itu pintu dibuat dari kaca agar udara dan cahaya tetap masuk.

4.      Tetap konsisten selama proses pembuatan

Ketika proses pembuatan rumah berlangsung, kita seringkali berubah pikiran. Misalnya ketika kita tergoda pada design atau bahan bangunan yang terlihat lebih baik. Padahal, hal-hal tersebut berada diluar rencana kita. Anggaran biayapun akan bertambah jika kita membelinya. Jadi, pastikan untuk tetap konsisten hingga proses pembuatan rumah selesai.

5.      Menggunakan bahan-bahan dan desain yang tidak umum

Tujuan utama kita adalah membangun rumah dengan budget murah. Jadi, kita tidak bisa menggunakan bahan-bahan dan desain-desain yang biasa ditawarkan. Sebaliknya, kita harus kreatif memanfaatkan bahan dan desain lain untuk rumah kita. Misalnya seperti sebuah rumah yang dibuat dari dua kontainer.

6.      Merencanakan pembuatan rumah dengan matang

Sebelum dibangun, pemilik rumah wajib membuat perencanaan pembangunannya. Membuat rumah tanpa perencanaan akan sangat menyusahkan pemiliknya. Sederhananya, yang sudah direncanakan saja dapat bermasalah, apalagi yang tanpa perencanaan? Resiko salah perhitungan, pemborosan pembelian, serta terkena denda sangat mungkin terjadi.

7.      Melakukan tawar-menawar pembelian

Sebagai pembuat rumah, kita harus cermat melakukan transaksi pembelian bahan-bahan material. Jangan malas untuk melakukan survei harga ke toko-toko bangunan di sekitar kita. Tanyakan pada mereka apakah ada potongan harga bila melakukan pembelian dalam jumlah besar. Bila perlu, ajak orang lain yang juga membangun rumah untuk membeli bahan material bersama.

8.      Melakukan pembayaran secara bertahap

Salah satu langkah cerdas untuk menghemat biaya adalah melakukan pembayaran secara bertahap. Siapkan timeline pembangunan rumah dan konfirmasikanlah ke para pekerja. Bila mereka sudah menyelesaikan 1 tahap, bayarlah mereka dengan biaya yang sudah disepakati. Ulangi langkah ini hingga mereka sudah menyelesaikan seluruh tahap pembuatan rumah. Cara pembayaran ini juga dapat meminimalisir resiko kecurangan dari pekerja bangunan. Misalnya jika dibayar per minggu, resiko pembangunan menjadi molor tentu lebih tinggi.

9.      Memastikan pemakaian bahan bangunan

Selain masalah pembayaran, resiko kecurangan juga bisa terjadi pada pemakaian bahan bangunan. Bisa saja bahan bangunan yang kita beli dicuri tanpa kita sadari. Akhirnya, kita membeli bahan bangunan lagi karena mengira kita memang kekurangan bahan.

10.  Menggunakan rancangan modular

Salah satu solusi untuk membuat rumah dengan anggaran minim adalah rancangan modular. Desain rumah modular merupakan desain rumah yang dikonstruksi secara terpisah. Jadi, kita dapat membangunnya secara bertahap. Bila sudah memiliki dana lebih, kita juga dapat menambahkan bangunannya lagi.

Sumber: https://www.homify.co.id/ideabooks/2762295/11-langkah-hemat-membangun-rumah

 

Like and Share ya 🙂