4 Cara Merawat Striping Motor Agar Awet dan Tetap Kinclong

Cara Merawat Striping Motor Agar Awet dan Tetap KinclongUntuk mempercantik penampilan motor kesayangan maka Anda perlu memperhatikan perawatan striping motor yang ada di bodynya. Striping merupakan sticker khusus untuk body sepeda motor yang dijamin ada di semua motor, kecuali oleh pemiliknya sengaja dilepas. Striping ini biasanya tampil atraktif dengan aneka motif yang disediakan langsung oleh pabrikan motor yang dimiliki. Meskipun ada pula penjual striping yang didesain atau dibuat sendiri yang dicetak di salah satu percetakan indoor.

Tanpa striping maka motor cenderung akan polos sehingga kurang menarik alhasil perlu merawat striping ini dengan benar. Salah-salah malah ada bagian yang robek, mengelupas, ataupun luntur karena ternyata Anda keliru saat memperlakukan sticker khusus motor ini. Perlakuannya sendiri sebenarnya tidak terlalu spesial asalkan rajin diperhatikan dan teliti saat memilih sabun motor. Kalau dilakukan dijamin striping ini akan awet dan motor kesayangan meski sudah bertahun-tahun tampilannya tetap kinclong.

Akan tetapi supaya awet wajib pula teliti saat memilih striping jangan sampai mendapatkan kualitas yang buruk. Kalau dibeli melalui transaksi jual beli online maka pastikan melakukan order di toko online terpercaya. Pastikan toko di internet tersebut memiliki banyak pelanggan dan selalu sukses membuat mereka puas dengan kualitas produknya. Sehingga tidak asal belanja online saja sebab salah-salah malah kecewa usai barang yang di order tiba, padahal kesalahan ada pada Anda sendiri yang kurang teliti.

Cara Merawat Striping Pada Motor

Terlepas dari pembelian striping motor yang berkualitas, usahakan untuk memberikan perawatan yang semestinya agar awet. Adapun bentuk perawatannya cukup sederhana yaitu:

  1. Bersihkan dengan cairan khusus,

Setiap kali mencuci motor maka dijamin striping pun akan ikut dicuci maka penting untuk teliti memilih sabun yang digunakan. Apabila sabun khusus motor terlalu mahal ataupun sulit untuk didapatkan bisa diganti dengan sampo yang Anda pakai ataupun sabun mandi. Formula yang lembut akan membantu mencegah striping luntur dan terkelupas.

  1. Lindungi dengan skotlet motor,

Kalau punya dana lebih usahakan untuk memasang skotlet motor karena mampu melindungi body dan juga striping yang menempel di bagian tersebut. Harga skotlet motor ini bervariasi dan paling murah di angka Rp 150ribuan dan bisa lebih tergantung tempat Anda membelinya. Skotlet yang berkualitas biasanya mudah dipasang dan ketika dilepas tidak akan merusak body dan striping sehingga aman dipilih. Supaya striping tetap terlihat pilih skotlet putih atau bening.

  1. Selalu langsung dibersihkan ketika kotor,

Kalau striping terlihat kotor setelah melakukan perjalanan baik dekat maupun jarak jauh maka langsung saja dibersihkan. Kalau lelah maka bisa mengelap bagian striping yang kotor saja tanpa perlu mencuci motor secara keseluruhan. Hal ini penting untuk dilakukan karena memang ketika motor kotor dan dibiarkan terlalu lama dijamin akan susah untuk dibersihkan secara total. striping pun menjadi kotor dan kusam, kalaupun dibersihkan nodanya masih banyak yang tertinggal.

  1. Parkir di tempat yang teduh,

Langkah tepat lain untuk merawat striping tetap awet dan bersinar adalah selektif memilih tempat parkir. Kalau motor kehujanan mungkin tidak punya efek berarti terhadap body dan stripingnya namun tidak dengan sinar matahari. Maka penting untuk memilih tempat parkir yang teduh supaya tidak terkena sinar matahari langsung. Kalau terbiasa ditempatkan di tempat panas maka warna striping akan pudar dan mudah robek, sehingga striping motor pun terlihat kurang menarik lagi.

Like and Share ya 🙂