Apakah Anda Termasuk Shopaholic, Kenali Ciri-Ciri Dan Solusinya

Ketika mendengar kata diskon UP to 80%, Mid Night Sale. Cicilan 0% pasti akan membuat hati tergugah untuk segera membelinya. Semua orang pasti sangat suka dengan yang namanya potongan harga. Ini dapat dilihat dari ramainya pusat perbelanjaan ketika ada diskon. Tahukah anda ada istilah shopaholic. Shopaholic merupakan orang yang gila belanja. Kalau belanja sudah diluar batas normal. Apakah anda termasuk shopaholic. Inilah ciri-ciri seorang shopaholic yang harus anda ketahui.

Tidak Sadar Dengan Barang Yang Dibeli

Jika anda sering membeli barang yang tidak dibutuhkan dan tidak sadar kalau pernah membeli barang tersebut. Berarti anda termasuk shopaholic. Ketika melihat kedalam lemari pakaian, anda melihat masih banyak baju, tas atau sepatu yang masih ada tag atau belum pernah dipakai. Ini menjadi salah satu ciri dari pengidap shopaholic. Mereka hanya membeli barang begitu saja, tanpa memikirkan kebutuhannya.

Belanja Menjadi Rutinitas Penting

Salah satu ciri-ciri seorang shopaholic adalah merasa kegiatan belanja menjadi hal yang penting. Belanja menjadi sebuah rutinitas yang harus dijalani. Selain rutinitas pekerjaan dan hobi yang lainnya. Entah itu belanja secara online maupun offline. Minimal setiap minggu harus belanja. Yang suka fashion, mereka akan sering membeli produk fashion terbaru. Entah itu nanti dipakai atau tidak, yang penting memuaskan hasrat untuk belanjanya terlebih dahulu.

Apakah Anda Termasuk Shopaholic

Memaksakan Keuangan

Seorang shopaholic selalu memaksakan keuangannya untuk berbelanja. Dia harus melakukan berbagai cara supaya bisa belanja. Walaupun keadaan keuangannya belum mencukupi. Terkadang mereka rela cicil atau hutang supaya bisa memuaskan hasrat belanjanya. Jika ini dibiarkan saja, akan membahayakan keuangan anda. jadi harus segera diatasi.

Berbelanja Impulsif

Maksudnya anda membeli baju hanya karena keinginan sesaat. Karena baju itu diskon, warnanya lucu, dan lain sebagainya. Tanpa memikirkan kalau baju itu benar-benar dibutuhkan buat anda atau tidak. Jadi tidak ada rencana sama sekali. Terkadang membelinya sampai berlebihan. Tak hanya satu atau dua tapi banyak sekali. Itulah beberapa ciri-ciri seorang shopaholic. Jika hal ini terjadi kepada anda, harus segera diatasi supaya tidak semakin parah.