Berapa Harga Keju Mozarella Dibandingkan dengan 8 Jenis Keju Lainnya?

Keju MozarellaApakah kamu pecinta keju? Pasti kamu tidak asing dengan keju mozarella, cheddar, dan parmesan, dong? Hehehe. Namun, ternyata keju ada banyak jenisnya, lho. Dan harganya pun berbeda-beda. Wah… Apa saja nama jenis-jenis keju tersebut dan berapa harga masing-masing keju, termasuk harga keju mozarella, ya? Baca terus untuk mengetahuinya, yuk!

  • Keju Parmesan

Keju Parmesan

Source

Keju parmesan/HonestBee 

Keju yang berasal dari Parma, Italia ini memiliki bentuk yang padat dan keras. Terbuat dari susu sapi dan berwarna kuning pucat, keju parmesan membutuhkan waktu produksi yang cukup lama, yaitu selama tiga bulan hingga satu tahun. Umumnya, kamu akan menemukan keju parmesan dalam bentuk bubuk, namun dalam keadaan utuh, keju ini memiliki lubang-lubang kecil di setiap bagiannya. Kelezatan keju parmesan dapat kamu jumpai pada pasta, taburan sup, spaghetti, pizza, salad, dan beberapa jenis kue kering seperti kastengel.

            Harga keju parmesan mulai dari Rp40.000.

  • Keju Gouda

Keju Chevre

Source

Keju gouda/HonestBee

Kamu tidak akan menemukan rasa asin atau sedikit asam pada keju gouda. Malah, indra perasamu akan menemukan rasa manis saat mengonsumsi keju asal Belanda ini. Wah, kok bisa, ya? Hal ini dikarenakan selama proses pemanasan, kandungan asam laktatnya menghilang. Banyak yang bilang bahwa keju gouda termasuk salah satu keju terlezat di dunia, lho. Kamu mau coba keju yang terbuat dari susu sapi dan difermentasikan selama empat minggu hingga satu tahun ini, nggak, guys? Spaghetti, salad, dan kaserol merupakan padupadan pas untuk keju gouda.

Harga keju gouda mulai dari Rp20.000.

  • Keju Chevre

Source

Keju chevre/HonestBee

Selain terbuat dari susu sapi, keju juga ada yang terbuat dari susu kambing, lho. Seperti keju chevre yang berasal dari Perancis. Memiliki rasa sedikit asam, keju ini hanya memerlukan waktu selama beberapa hari saja untuk difermentasikan. Cepat, ya! Kamu dapat menggunakan keju chevre pada makanan sehari-hari seperti mac n cheese dan sandwich.

Harga keju chevre mulai dari Rp40.000.

  • Keju Cheddar

Keju Cheddar

Source

Keju cheddar/HonestBee

Ketenaran keju cheddar tentu tidak perlu diragukan lagi. Keju inilah yang paling sering kamu jumpai di Indonesia. Keju yang identik dengan bentuk kotak dan padat ini berasal dari Inggris. Terbuat dari susu sapi, keju cheddar kerap kali kita gunakan sebagai bahan dasar membuat kue dan makanan gurih. Psst… Jika usianya masih terbilang muda, warna keju cheddar terlihat kuning pucat dan tidak terlalu keras. Kalau usianya semakin tua, maka warnanya pun akan semakin kuning dan teksturnya semakin keras.

Harga keju cheddar mulai dari Rp20.000.

  • Keju Emmental

Keju Emmental

Source

Keju Emmental/HonestBee

Guys… Tanpa disadari, kamu pasti sering melihat keju ini. Di film kartun Tom & Jerry salah satunya. Yup, keju dengan tekstur berlubang ini memang sering muncul di kartun anak-anak tersebut. Berasal dari Swiss, keju emmental memiliki rasa gurih tapi tidak terlalu asin, dan dalam proses pembuatannya, keju ini dibantu oleh tiga bakteri, yaitu propionibacterium freudenreichii, lactobacillus helveticus, dan streptococcus. Semakin matang kejunya, semakin besar pula lubang-lubang yang terbentuk. Whoaa… Kamu bisa menggunakan keju emmental untuk lapisan cheese burger, fondue, quiche, kaserol, dan roti lapis keju bakar, lho. Yummy!

Harga keju emmental mulai dari Rp70.000.

  • Keju Stilton

Keju Stilton

Source

Keju stilton/HonestBee

Keju yang satu ini memiliki corak biru yang sangat khas, hasil dari bakteri yang membantu dalam proses pembuatan keju. Dalam pembuatannya dgn susu sapi, keju stilton memerlukan proses pemanasan yang bertujuan untuk membunuh bakteri, virus, protozoa, dan sejenisnya. Ada dua jenis keju stilton, yaitu keju stilton muda berwarna gading dengan tekstur sedikit rapuh dan keju stilton tua berwarna gelap dengan guratan corak biru yang menonjol.

Harga keju stilton mulai dari Rp450.000/kg.

  • Keju Edam

Keju Edam

Source

Keju edam/HonestBee

Identik dengan bungkus berwarna merah menyerupai buah apel, keju edam dinilai sebagai salah satu keju keras asal Belanda. Kandungan lemak keju edam tergolong cukup rendah dibandingkan keju lainnya yaitu sekitar 28% karena terbuat dari susu skim/low fat. Keju yang memiliki rasa sangat lembut dan cenderung seperti kacang ini dapat kamu gunakan untuk campuran buah atau kue kering seperti kastengel, nastar, dan cheese stick.

Harga keju edam mulai dari Rp60.000.

  • Keju Feta

Keju Feta

Source

Keju feta/HonestBee

Ingin keju dengan rasa kuat? Keju feta bisa menjadi pilihanmu. Terbuat dari 30% susu kambing dan dicampur dengan susu domba, keju feta yang berasal dari Yunani ini dijual dalam keadaan terendam air garam (yang membuat rasanya menjadi semakin kuat). Keju feta sangat cocok dimakan dengan buah segar, sebagai pendamping hidangan taco atau untuk isian sandwich.

Harga keju feta mulai dari Rp100.000.

  • Keju Mozarella

Keju Mozarella

Keju mozarella/HonestBee

Berasal dari Italia, keju mozarella biasanya terbuat dari susu sapi atau susu kerbau (sebelum menjadi langka). Teksturnya yang lembut dan rasanya yang creamy membuat keju ini menjadi favorit, seperti keju cheddar. Selain itu, keju mozarella juga baik untuk kesehatan karena bebas lemak dan dapat melindungi kesehatan jantung. Keren! Keju ini pas banget kamu gunakan untuk pizza, baked rice, lasagna, pasta, dan macaroni schotel. Sajikan dalam keadaan hangat biar makin lezat, yaa.

Harga keju mozarella mulai dari Rp20.000.

Like and Share ya 🙂