Bingung Cari Mood Booster untuk Kucing? Berikan 5 Benda Ini dan Ajaklah Kucing Bermain

Kucing memang cocok sebagai hewan peliharaan. Mengapa? Tingkahnya yang lucu serta kemampuan adaptasinya yang tergolong cepat merupakan alasan ketertarikan seseorang untuk memelihara kucing. Pemberian makan dan minum yang mudah, juga merupakan keuntungan lainnya ketika memilih kucing sebagai hewan peliharaan.

Meskipun mudah dalam beradaptasi, kucing juga bisa merasa bosan. Rasa bosannya akan bertambah jika Anda hanya mengurungnya dalam kandang atau suatu ruangan dan tidak mengizinkannya bermain di luar rumah. Kucing kesayangan Anda mulai merasakan kejenuhan. Jika hal ini tidak segera diatasi, maka tidak menutup kemungkinan bahwa kucing akan stress atau tertekan.

Mengajak kucing bermain adalah langkah tepat untuk meredam stress dan kejenuhan yang dirasakannya. Gunakan cara-cara yang baik dan tidak membahayakan kucing saat mengajaknya bermain. Anda dapat memberikan beberapa benda sebagai mainan kucing. Kira-kira apa sajakah benda-benda tersebut? Berikut ini adalah benda-benda yang dapat berperan sebagai mood booster bagi kucing Anda.

  1. Aksesoris Rambut

Tampaknya, aksesoris rambut yang sering dipakai sehari-hari merupakan hal yang biasa saja. Akan tetapi, kucing menilainya sebagai benda yang istimewa. Pasalnya, binatang imut ini sangat menyukai benda yang berukuran kecil dan berwarna-warni ini.

Anda dapat meminjamkan karet kecil, pita rambut, ataupun jepit rambut pada kucing, sebagai media bermainnya. Lihatlah reaksi kucing Anda setelah diberi aksesoris tersebut. Pasti ia akan segera memegangnya, kemudian menggigit atau melemparkannya ke sana kemari. Dengan hal ini, kucing menemukan kegiatan baru dan merasa terhibur.

Ajaklah Kucing Bermain

  1. Bola Kecil

Tahukah Anda bahwa kucing juga suka bola? Hewan lucu ini suka terhadap sesuatu yang bisa menggelinding, termasuk bola. Memainkan bola menjadi salah satu kegemaran kucing. Berikan bola kecil kepadanya, seperti bola kasti, bola tenis meja, bola bekel, dan lain sebagainya, sehingga kucing dapat bermain sepuasnya. Anda juga dapat bermain bersama dengan cara menggelindingkan bola ke suatu arah dan kucing akan tertarik mengejarnya. Bagaimana menurut Anda? Mengasyikkan, bukan?

  1. Benda Bervolume (Peti Kecil, Kotak, Kantong Plastik, dll.)

Bermain dengan kucing merupakan sesuatu yang menarik. Selain memberikan hiburan bagi kucing, Anda juga dapat berinteraksi dengan hewan kesayangan secara lebih leluasa. Sebagai media hiburannya, Anda dapat memberikan benda bervolume, seperti peti kecil, kotak, kardus, atau kantong plastik yang sudah tak terpakai. Kucing akan sangat senang memainkannya. Ia akan masuk ke dalamnya, bahkan menjilatinya.

Dengan langkah tersebut, ikatan antara Anda dengan binatang menggemaskan ini jauh lebih kuat. Kucing menjadi nyaman dan tentunya senang berada di rumah Anda, karena ia merasa diperhatikan dan disayang oleh pemiliknya.

  1. Benda yang Digantung

Benda yang digantung? Kucing memang tertarik dengan hal-hal unik, seperti benda yang digantung. Ada-ada saja kegemaran hewan yang satu ini. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk memenuhi kegemaran kucing Anda. Gorden adalah salah satu benda yang digantung dan sering menjadi incaran kucing. Ia akan melompat dan memanjat untuk meraih gorden tersebut.

Jika hal itu terjadi, alihkan perhatian kucing ke benda lainnya agar tidak merusak properti rumah. Cobalah untuk menggantungkan pita, tali dengan bandul, atau kalung, serta goyangkan benda-benda tersebut untuk menarik perhatian kucing. Pasti ia akan tertarik untuk meraihnya, terlebih kucing yang masih anak-anak.

  1. Biskuit atau Hewan Kecil yang Hidup

Selain benda-benda yang telah disebutkan di atas, Anda dapat memberikan makanan sebagai media untuk menarik perhatian kucing. Hewan lucu ini suka dengan biskuit ataupun makanan ringan lainnya. Saat Anda melemparkannya ke suatu arah, maka ia akan berlari menghampirinya, kemudian memainkan dan memakannya.

Hewan kecil yang hidup, seperti jangkrik, kupu-kupu, cicak, justru menjadi bahan mainan yang sangat menarik bagi hewan lucu ini. Bagian yang paling menarik untuk kucing adalah hewan yang dapat bergerak-gerak saat dimainkan olehnya. Ia akan memainkan hewan kecil itu, melemparkan, dan mengejarnya. Sangat seru, kan?

Sama halnya dengan manusia, mood kucing juga berubah karena berbagai kondisi, termasuk rasa bosan. Berbagai benda yang menarik tersebut berpotensi sebagai moodbooster bagi si kucing. Selain menarik, benda tersebut tergolong aman dan mampu mengalihkan kucing dari rasa bosannya.

Memberikan kesempatan untuk kucing bermain juga mampu menciptakan kenyamanan untuknya. Dengan demikian, mulailah untuk memperhatikan mood kucing Anda dengan mengajak kucing bermain. Let’s play with your cat!

Like and Share ya 🙂