Wajib Diketahui Program Parenting Untuk Paud

Pendidikan merupakan komponen penting dalam tumbuh kembang buah hati kita. Asal menyekolahkannya saja rasanya belum cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Memilih sekolah dengan akreditas terbaik juga belum dapat menjadi jaminan. Yang terpenting dari parenting PAUD adalah peranan orang tua dan sekolah yang kompak dan baik, sehingga dapat memunculkan sebuah kombinasi seimbang demi tumbuh kembang yang sempurna. Ada beragam program parenting PAUD yang dapat dilakukan agar anak menjadi lebih kreatif dan inovatis lagi, apakah itu?

Beragam Program Parenting Untuk PAUD

  1. Parents Gathering

Program yang pertama adalah parents gathering, dimana pihak sekolah atau lembaga PAUD mengadakan pertemuan dengan para orang tua murid. Program ini membicarakan tentang berbagai program lembaga PAUD dalam hubungannya dengan bimbingan serta pengasuhan anak di rumah. Serta berbagai cara menumbuh kembangkan potensi anak agar lebih optimal lagi.

Program Parenting Untuk Paud

  1. Hari konsultasi

Hari ini harus ada dalam parenting PAUD, hari dimana kegiatan konsultasi antar orang tua dengan lembaga sekolah. Hari ini juga harus menyesuaikan terhadap banyak tidaknya kasus yang terjadi di sekolah ataupun keinginan para orang tua yang ingin berkonsultasi kepada pihak lembaga sekolah. Sehingga berbagai kasus atau hal yang terjadi pada anak dapat diketahui oleh para orang tua, ataupun berbagai hal dari orang tua dapat diketahui lebih dalam oleh guru.

  1. Cooking on the spot

Memasak juga menjadi sebuah hal penting untuk membentuk karakter anak yang mandiri. Jenis program parenting PAUD ini merupakan sebuah program dimana anak diajarkan untuk menyiapkan sebuah masakan, kemudian menyajikan makanan dengan bimbingan guru ataupun orang tua yang ikut terjun langsung bersama anak. Hal ini pastinya akan menumbuhkan kepercayaan diri anak, kemandiriannya serta kemampuan mereka berkreasi.

Itulah beberapa program dalam parenting PAUD yang dapat dilakukan oleh pihak sekolah beserta dengan orang tua. Beragam program tersebut pastinya kekompakan orang tua dengan lembaga sekolah akan tercipta dengan baik, sehingga dapat membentuk karakter anak sejak usia dini yang akan terus terbawa hingga dewasa nantinya.

Like and Share ya 🙂