3 Tips Jika Terpaksa Harus Menyusui di Luar Rumah

3 Tips Jika Terpaksa Harus Menyusui di Luar Rumah

ASI sangat penting diberikan bagi bayi baru lahir. Sebagai sumber nutrisi terbaik, tidak heran jika hingga saat ini belum dapat ditemukan jenis minuman lain yang kualitasnya sama dengan ASI. Bagi para moms diingatkan untuk selalu memberikan ASI eksklusif bagi si kecil agar dapat tumbuh dan terjaga imunitasnya, termasuk saat berada di luar rumah. Berikut adalah tips menyusui di luar rumah secara aman.

3 Tips Menyusui di Luar Rumah Aman

  1. Pakai masker

Saat berada di luar rumah dan hendak menyusui, pastikan moms memakai masker. Ini penting demi mengurangi risiko adanya penularan virus yang berasal dari orangtua. Terlebih di masa virus seperti ini. Mengantisipasi tentu jauh lebih baik ketimbang mengobati. Melihat bayi yang terus sehat tentu menjadi impian bagi setiap orangtua.

Di samping itu, memakai masker juga bisa mengantisipasi bersin dan batuk sehingga tidak dapat mengenai si kecil, moms. Dengan begini ternyata masker amat penting demi menjaga kesehatan buah hati. Jangan lupa tambahkan cover atau pelindung saat sedang menyusui di luar. Hal ini tentunga bisa kian melindungi anak dari ancaman zat berbahaya lainnya.

  1. Minimalisir bayi melakukan sentuhan dengan orang lain

Ketika tengah menyusui di luar, pastikan moms mengusahakan diri untuk meminimalisir kontak dengan orang lain. Salah satu caranya ialah meminta siapapun yang hendak melakukan kontak dengan buah hati agar selalu mencuci tangan terlebih dahulu. Ini penting agar si kecil jauh dari ancaman berbagai macam virus jahat.

Di samping itu, jangan biarkan si kecil disentuh oleh orang yang tidak dikenal. Misal, ketika moms sedang berada di rumah sakit atau tempat umum lainnya. Moms tentu tidak tahu seperti apa interaksi orang asing tersebut sebelumnya. Terutama di masa pandemi seperti ini, para moms sekalian harus lebih waspada. Maka dari itu, lebih baik menghindari kontak dengan orang tak dikenal terlebih dahulu.

  1. Selalu menjaga kebersihan

Dalam kondisi normal saja, kebersihan saat menyusui penting dilakukan. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Moms harus semakin memperketat standar hidup bersih saat menyusui. Semua bisa diawali dari kebersihan diri moms. Sering-seringlah mencuci tangan dan selalu bawa hand sanitizer kemana pun pergi saat bersama si kecil.

Dengan rajin mencuci tangan tentu membuat moms bisa bebas menyentuh si kecil. Pada dasarnya bayi memiliki kulit yang masih sensitif sehingga tidak boleh sembarangan menyentuhnya. Jangan lupa untuk selalu rutin mengganti popok bayi dan pakailah popok berkualitas.

Tiga tips menyusui bayi di luar rumah tersebut sekiranya bisa moms terapkan. Moms juga bisa membaca informasi lebih lengkap melalui link ini: https://merries.co.id/community-parenting-/umum/4-tips-aman-menyusui-di-luar-rumah. Apalagi mengingat Indonesia saat ini ada dalam kurungan pandemi yang begitu menyebalkan. Moms tentu ingin anak tetap sehat dan baik-baik saja, bukan? Jangan lupa jika memang tidak terlalu penting bepergian ke luar, ada baiknya untuk tetap tinggal di rumah saja.

Like and Share ya šŸ™‚