4 Daftar Kebutuhan yang Penting Bagi Bayi di Usia Nol Hingga Seribu Hari Pertama

4 Daftar Kebutuhan yang Penting Bagi Bayi di Usia Nol Hingga Seribu Hari PertamaSebelum menjadi orang tua, banyak hal yang harus kita persiapkan. Mulai dari pengetahuan tentang parenting, kesiapan mental, finansial, juga termasuk memilih dan membeli berbagai kebutuhan anak nantinya.

Beberapa saat sebelum melahirkan, biasanya orang tua menentukan dan membuat daftar perlengkapan bayi. Apa saja barang yang sekiranya dibutuhkan untuk mengurus buah hati. Mulai dari kebutuhan pokok seperti pakaian, hingga berbagai aksesoris atau benda pendukung lainnya.

4 Daftar Penting Kebutuhan Bayi

Sebelum menambah keranjang belanjaan, ada baiknya kita mengurutkan keperluan bayi terlebih dahulu, seperti:

  1. Pakaian

Pakaian menjadi hal utama dan penting untuk dipersiapkan sebelum mempunyai anak. Perhitungkan berapa kebutuhannya, jangan sampai kurang pun jangan juga terlalu berlebihan. Anak akan cenderung cepat bertumbuh, untuk itu lebih baik membeli baju yang benar-benar dibutuhkan pemakaiannya.

Misal baju tidur, baju main, baju jalan-jalan dan lain sebagainya, termasuk sepatu, sandal, topi, bando dan bermacam aksesoris lainnya. Buatlah daftar belanjaanya terlebih dahulu, ataupun atur penjadwalannya, seperti beli sepatu 3 bulan sekali atau yang lainnya.

Walaupun baju anak terutama bayi ukurannya kecil dan mudah untuk dicuci, tapi jangan sampai kita lupa menjaga kebersihannya. Pilih dan gunakan produk terbaik untuk bayi seperti Sleek Baby Laundry Detergent yang kualitasnya terbukti aman untuk bayi, karena bahannya telah teruji secara klinis.

  1. Peralatan Mandi

Bayi identik dengan berbagai peralatan mandi dan pendukungnya yang cukup banyak. Mulai dari bak mandi, handuk, shampoo, sabun, baby oil, minyak telon dan lain sebagainya. Sebelum membeli, baiknya Anda melakukan riset dengan mencari tahu keutamaan produk-produk tersebut.

Anda bisa mulai dari membaca berbagai ulasan atau review dari barang yang hendak dibeli. Pastikan kualitasnya terjamin. Apalagi untuk hal-hal  yang berkaitan dengan kulit bayi. Misal, memilih handuk yang berbahan halus, atau membeli Sleek baby wash 2in1 yang bisa digunakan sebagai shampoo sekaligus sabun tanpa membuat iritasi pada kulit bayi.

Untuk kenyamanannya yang lain, Anda bisa membeli Sleek minyak telon oil agar tubuh bayi terlindungi dan merasa hangat sehingga waktu tidurnya semakin terasa nyaman.

  1. Alat Makan dan Perlengkapan MPASI

Untuk yang satu ini, akan membutuhkan cukup banyak peralatan. Buatlah daftar perlengkapan bayi untuk persiapan MPASI, sesuaikan dengan kebutuhan juga kemampuan Anda.

  • High Chair

Yang satu ini dibutuhkan untuk tempat duduk saat bayi Anda sedang makan, agar terbiasa disiplin juga membuat bayi lebih mudah mencerna makanan.

  • Slow Cooker

Memproses makanan bayi, terutama di awal MPASI, akan terbantu dengan alat yang bernama slow cooker. Walaupun prosesnya lama, namun tingkat kematangan akan merata dan nutrisi makanan akan tetap terjaga. Jika Anda merasa membutuhkan alat yang satu ini, segeralah untuk mencari tahu berbagai merek dengan keunggulan yang ditawarkan.

  • Piring, Sendok dan Botol Minum

Pilihlah berbagai alat makan si kecil yang bahannya food grade juga BPA free dan pastikan alat-alat tersebut dalam keadaan bersih saat akan digunakan. Cucilah terlebih dahulu dengan menggunakan Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser untuk menjaga kebersihan dan menjauhkan si kecil dari kuman atau bakteri.

  • Food Processor

Alat ini akan digunakan saat awal mula MPASI karena bayi membutuhkan bahan makanan yang encer atau sangat lembut. Food processor memudahkan Anda untuk menentukan dan mengatur tekstur tersebut.

Sebetulnya, masih ada beberapa alat pendukung lain yang digunakan untuk perlengkapan makan atau MPASI bayi Anda seperti food container, steamer dan lain sebagainya. Namun, sebelum menentukan memilih barang-barang tersebut, pikirkanlah dengan matang.

  1. Mainan

Yang berikutnya adalah mainan, sesuaikan pembelian barang yang satu ini dengan usia anak Anda dan usahakan membeli produk yang bisa membantu tumbuh kembang bayi. Bersihkan mainan si kecil secara rutin agar terbebas dari berbagai bakteri yang bisa merugikan. Sleek Baby Bottle, Nipple & Accessories Cleanser juga bisa digunakan untuk mencuci mainan Anda.

Terkadang, orang tua bingung dalam menentukan juga membeli produk untuk bayi, berbagai macam transaksi dilakukan tanpa mengetahui fungsi dari barang-barang tersebut. Sebelum belanja, cari tahu terlebih dahulu informasi terkait produk tersebut dan buatlah daftar perlengkapan bayi yang benar-benar dibutuhkan.

Like and Share ya 🙂