5 Manfaat Penting Susu Ibu Hamil

5 Manfaat Penting Susu Ibu Hamil

Seorang ibu yang sedang mengandung dianjurkan mengonsumsi susu ibu hamil. Dalam susu banyak mengandung gizi dan vitamin D, mineral, kalsium, dan protein. Salah satu minuman bermutasi yang bagus untuk ibu hamil yaitu susu. Berikut manfaat susu untuk ibu hamil.

  1. Banyak Kandungan Gizi

Susu untuk ibu hamil memiliki banyak nutrisi sehingga bisa memberikan tambahan energi saat mengandung. Gizi penting yang sangat baik untuk kehamilan yaitu protein, zat besi, asam folat, kalsium, vitamin D, dan mineral. Zat besi juga berguna bagai penyaluran zat makanan dalam bentuk nutrisi yang mengalir melalui plasenta melalui darah.

Asupan nutrisi janin akan terhambat jika ibu tidak cukup mengkonsumsi zat besi. Sedangkan asam folat juga penting karena membantu pembentukan tabung saraf dimana tabung saraf merupakan bentuk awal dari pertumbuhan otak janin dalam kandungan. Nutrisi berupa DHA dapatmemperkuat kondisi tubuh janin dalam kandungan ibu.

Unsur ini selain bermanfaat bagi pertumbuhan otak janin juga membantu untuk kesehatan mata dan sistem sarafnya. Manfaat bagi anak berguna memperkuat daya konsentrasi, kemampuan motorik juga koordinasi yang baik antara bagian mata dengan anggota tubuh. Kebutuhan gizi selama masa kehamilan akan terpenuhi sehingga menjadikan janin dalam rahim Anda sehat.

  1. Bermanfaat dalam Jangka Panjang

Jika seorang ibu hamil mengonsumsi susu khusus ibu hamil minimal 3 gelas sehari, maka bisa memberikan dampak jangka panjang. Janin mendapatkan nutrisi yang cukup. Bayi yang dilahirkan biasanya memiliki tinggi badan yang cukup dibandingkan dengan ibu tanpa konsumsi susu.

Selain itu, bayi Anda akan cepat tumbuh, tumbuh kembang otak tetap terjaga dengan baik,  dan jarang terserang berbagai penyakit karena sudah memiliki sistem imunitas yang cukup kuat. Selain itu, berguna bagi pembentukan jaringan tubuh seperti otot, mata, kulit, tulang,jantung dan hati pada janin serta dapat bermanfaat bagi kesehatan tulang ibu yang mengkonsumsinya.

  1. Berpengaruh pada Kesehatan Bayi

Bayi yang lahir dengan konsumsi susu selama masa kehamilan cenderung punya kekebalan tubuh yang kuat. Susu ibu hamil memberikan manfaat yang baik untuk bayi. Hal yang terlihat yaitu bayi memiliki kadar insulin yang tinggi dalam darah sehingga bayi akan rendah risiko penyakit diabetes tipe II saat ia dewasa. Sehingga jangan ragu untuk mengonsumsi susu khusus ibu hamil selama masa kehamilan Anda.

  1. Meningkatkan Kualitas Air Ketuban

Manfaat lain dari mengonsumsi susu khusus ibu hamil yaitu meningkatkan kualitas air ketiban pada kehamilan. Kualitas Air ketiban berpengaruh pada kualitas janin yang ada dalam kandungan. Oleh karena itu, Anda dianjurkan minum susu secara rutin 3 kali sehari agar janin lebih kuat sehingga mendukung pada proses persalinan

  1. Meningkatkan Kecerdasan Anak

Mengkonsumsi susu pada masa kehamilan memberikan manfaat bagi kecerdasan anak kelak. Susu banyak mengandung DHA dan asam folat serta minyak ikan bermanfaat bagi kecerdasan anak. Selain itu, cukup mengkonsumsi susu saat masa kehamilan juga menghindari resiko cacat otak pada bayi saat lahir.

Susu untuk ibu hamil yang mengandung cukup yodium juga dipercaya dapat meningkatkan IQ anak sehingga lebih unggul daripada anak dengan ibu yang kurang mengkonsumsi susu yang cukup yodium. Yodium pada susu juga berpengaruh pada kemampuan baca anak, karena yodium penting bagi produksi hormon pada kelenjar tiroid.

Susu ibu hamil memiliki banyak manfaat yang sayang untuk dilewatkan. Masa pertumbuhan hanya terjadi sekali sehingga manfaatkan dengan sebaik mungkin dengan konsumsi susu saat kehamilan. Anda bisa memilih susu sesuai fase kehamilan Anda di blibli.com. Selain lebih praktis, Anda bisa menemukan semua merek susu dengan banyak varian rasa.

Like and Share ya 🙂