8 Menu Makanan yang Sehat untuk Anak Usia 2 Tahun

8 Menu Makanan yang Sehat untuk Anak Usia 2 TahunMengurus dan merawat anak selalu memiliki tantangan dan rintangan tersendiri di setiap fasenya. Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah anak terutama balita sulit makan yang dikenal dengan GTM (Gerakan Tutup Mulut). Balita memang mulai picky atau pilih-pilih makanan sehingga para ibu butuh kreasi menu makan anak dua tahun agar anak mau makan dengan senang hati.

Kreasi Menu Makan Anak Dua Tahun

Sama halnya dengan orang dewasa, anak kecil juga bisa bosan dengan makanan. Bahkan, anak kecil jauh lebih cepat jenuh terhadap makanan ketika sudah mengenal berbagai macam rasa yang kuat. Cara menyiasati anak supaya mau makan adalah memberinya menu makan anak dua tahun yang enak dan menarik. Inilah beberapa menu yang dimaksud.

  1. Menu Makan Pagi

Oatmeal dengan topping buah-buahan yang dicampur dengan yogurt. Sangat mudah dibuat, tetapi padat gizi.

  1. Menu Makan Siang

Menu makan siang tentunya lebih berbobot dan mengenyangkan. Menunya adalah nasi putih, ayam suwir keju, dan sayur bayam jagung.

  1. Menu Snack Sore

Sepotong roti yang dioles selai atau mentega dan jus buah.

  1. Menu Makan Malam

Mashed potato, kacang polong rebus, dan semur daging yang dicincang.

  1. Menu Makan Pagi

Setengah butir telur rebus dan pancake mini dengan potongan pisang.

  1. Menu Makan Siang

Nasi putih, bistik daging cincang, tempe, dan cream soup.

  1. Menu Snack Sore

Salad buah dan biskuit susu.

  1. Menu Makan Malam

Bubur ayam, potongan wortel kecil-kecil, dan tambahan kecap manis.

Untuk jadwal minum susu bisa disesuaikan dengan permintaan anak. Usahakan tidak memberikan susu sebelum anak menyantap menu makan anak dua tahun. Susu adalah pelengkap gizi dan nutrisi anak sehingga anak tidak boleh terlewat jadwal minum susu. Namun, jadwal minum susu tidak boleh mengganggu jadwal makan utama.

Bersihkan Peralatan Makan Anak dengan Sleek

Balita terutama usia 2 tahun lebih rentan terkena penyakit daripada bayi di bawah usia enam bulan. Penyebabnya adalah fase makan secara mandiri yang membuat si kecil terkontaminasi bakteri dari piring, sendok, atau botol minum. Penyakit yang paling umum dialami oleh balita karena hal tersebut adalah diare dan infeksi jamur.

Oleh sebab itu, peralatan makan anak harus selalu bersih. Cucilah dengan menggunakan Sleek Baby Pembersih Botol dengan 8 Proteksi yang Sle bernama Sleek Baby Bottle, Nipple, & Accessories Cleanser. Dirangkum dari https://www.sleekbaby.co.id/1000-hari-perlindungan/detail/tips-mengatasi-gerakan-tutup-mulut-pada-anak-balita, berikut 7 keunggulan Sleek Baby Bottle, Nipple, & Accessories Cleanser sebagai berikut.

  • Telah teruji klinis di lembaga terakreditasi.
  • Dibuat dari bahan alami (natural) yang bersifat anti bacterial sehingga dapat membunuh semua bakteri dan kotoran.
  • Kandungannya 100% Food Grade sehingga aman untuk bayi.
  • Memiliki stain removal formula sehingga lemak susu atau makanan terangkat secara maksimal.
  • Paraben free sehingga bebas dari bahan kimia berbahaya.
  • Mengandung formula hypoallergenic sehingga tidak membuat kulit kering atau mengelupas ketika sering digunakan.
  • Cairannya bersifat high concentrate, kental, dan padat sehingga lebih irit. Hanya satu tetes bisa untuk mencuci banyak barang.

Itulah kreasi menu makan anak dua tahun untuk menyiasati GTM. Selain itu, para ibu perlu menjaga kebersihan peralatan makannya dengan baik dan benar agar si kecil terbebas dari berbagai penyakit. Produk Sleek Baby siap mendukung aktivitas para ibu dalam mengasuh si kecil kesayangan dari bayi hingga anak-anak usia dini.

Like and Share ya 🙂