Ajaibnya Kata Promo dalam Dunia Dagang

Ajaibnya Kata Promo dalam Dunia DagangSetiap penjual tentu ingin menjaring pembeli sebanyak-banyaknya agar produk yang ditawarkan bisa terjual habis dalam waktu cepat dan mendapatkan laba yang memuaskan. Untuk mencapai hal tersebut, berbagai strategi marketing dikerahkan secara maksimal. Salah satu strategi marketing yang sangat berpengaruh dalam memancing gairah belanja para calon konsumen adalah kata promo. Kata promo bisa dibilang kata ajaib, karena terkadang seseorang yang tadinya tidak berkeinginan untuk membeli sebuah produk beralih membelinya hanya karena kata promo yang disematkan pada produk tersebut. Promo yang ditawarkan tidak terbatas pada harga produk saja, tetapi juga pada ongkos kirim jika calon konsumen membeli produk tersebut. Salah satu bentuk promo yang seringkali ditawarkan saat berbelanja secara online adalah promo ongkir tokopedia untuk pembelian item tertentu yang dilakukan di tokopedia.

Meskipun kata promo sangat efektif dalam memancing minat calon konsumen untuk berbelanja produk yang ditawarkan, tetap saja ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan agar kalimat promo tersebut bisa memberikan hasil yang maksimal dan sesuai harapan. Untuk lebih jelasnya, baca saja ulasan lebih lanjut yang akan saya sampaikan di bawah ini.

7 Cara Membuat Kalimat Promosi yang Tepat

1.Pemilihan Kata-Kata yang Tepat

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dalam membuat promosi produk yang menarik adalah pemilihan kata-kata promosi yang tepat. Tentu calon konsumen kurang tertarik jika mereka tidak mengerti dengan apa yang anda promosikan bukan? Karenanya, hal paling pertama dan utama yang terlebih dahulu harus Anda perbaiki dalam membuat promosi yang baik adalah penggunaan kata-kata dan kalimat yang tepat dan relevan.

2.Penggunaan Gambar Menarik

Kalimat promosi yang tepat akan lebih sempurna lagi dalam menarik minat calon pelanggan untuk membeli produk yang Anda tawarkan jika digabungkan dengan penggunaan gambar yang menarik dan relevan. Bahkan, banyak orang yang bermiant membeli sebuah produk tertentu hanya karena tertarik dengan gambar produk tersebut. Jika Anda mampu menggabungkan kalimat promosi yang tepat dengan penggunaan gambar yang tepat, hasilnya pasti akan memuaskan.

3.Pembagian Sampel Produk

Jika produk yang Anda tawarkan merupakan produk yang sudah dikenal masyarakat tentu lebih mudah mempromosikannya daripada produk yang belum dikenal. Sebagus apapun promo Anda, cenderung enggan untuk membeli produk yang belum mereka kenal. Sebab, mereka tidak mengetahui apakah produk yang akan dibeli nantinya sesuai dengan kebutuhan mereka atau tidak. Oleh karena itu, disamping Anda membuat kalimat promo yang tepat, usahakan untuk membagikan sampel gratis dari produk yang Anda tawarkan. Jangan khawatir, jika memang produk yang Anda tawarkan betul-betul berkualitas dan sudah mereka rasakan khasiatnya dari sampel yang dibagikan, tentu mereka tidak akan ragu-ragu untuk membelinya meskipun dengan harga yang normal dan bukan harga promo lagi.

4.Tawarkan keuntungan tertentu untuk setiap pembelian produk

Salah satu metode promo yang tepat adalah menawarkan kepada calon pelanggan Anda keuntungan tertentu jika melakukan pembelian produk yang Anda tawaran. Pemberian keuntungan tersebut bisa berupa cashback atau buy 1 get 1 free. Sisispkan kalimat yang bersifat call to action, yaitu kalimat yang memberikan alas an kenapa calon konsumen Anda harus segera membeli produk yang Anda tawarkan, misalnya karena produknya terbatas, atau waktu promonya terbatas, dan lain sebagainya.

5.Berikan garansi

Siapapun tidak ingin mengalami kerugian, termasuk saat membeli barang secara offline maupun online. Terkadang calon konsumen ragu untuk membeli produk yang Anda tawarkan hanya karena adanya kekhawatiran pada diri mereka jika sampai mengalami kerugian akibat mmebeli barang yang kurang berkualitas atau tidak sesuai dengan kebutuhan mereka. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memberikan garansi dalam jangka waktu tertentu dan berlaku untuk kondisi tertentu terkait dengan produk yang Anda tawarkan.

6.Tawarkan service gratis

Jika produk yang Anda dijual merupakan produk yang bisa diservice ketika mengalami kerusakan atau gangguan, maka sebaiknya dalam kalimat promosi disisipkan janji service gratis untuk kondisi tertentu, jangka waktu tertentu, serta sebab tertentu yang terkait dengan produk tersebut. Tapi untuk membuatnya, Anda harus betul-betul menemukan konsep garansi yang tepat dan tidak menyebabkan kerugian di pihak Anda sbeagai penjual di masa mendatang.

7.Tawarkan komisi untuk setiap testimony terbaik

Agar produk yang Anda tawarkan semakin laris, Anda bisa menawarkan kepada setiap konsumen yang sudah membeli produk Anda untuk membuat tesminoni terbaik dan nyata terkait pengalaman mereka dalam menggunakan produk tersebut. Agar mereka tertarik melakukannya, sebaiknya Anda menawarkan sejumlah komisi tertentu atau tawarkan diskon tertentu untuk pembelian setiap item di toko Anda sebagai bayaran dari testimony yang mereka berikan. Tentu saja Anda tidak harus menjanjikan hal tersebut untuk memberikannya kepada setiap pelanggan Anda, tapi Anda cukup membatasinya, misalnya 10 testimoni terbaik dan semisalnya.

Like and Share ya 🙂