Apakah Gatal Tanda Hamil yang Umum Pada Trimester Pertama?

Tanda Hamil yang Umum Pada Trimester PertamaTumbuhnya janin di dalam rahim wanita mengakibatkan berbagai perubahan tubuh yang signifikan. Mulai dari perubahan bentuk tubuh hingga gangguan kesehatan serta emosi yang tidak stabil. Lantas dari semua itu, apakah gatal tanda hamil yang umum terjadi ketika usia kehamilan masih berada pada trimester pertama?

Tanda Kehamilan Trimester Pertama

Umumnya seseorang mengetahui ahwa dirinya hamil dari berhentinya masa menstruasi. Namun tahukah Anda bahwa wanita hamil juga bisa mengeluarkan darah? Namun berbeda dengan menstruasi, darah yang dikeluarkan oleh wanita hamil ini biasa disebut dengan pendarahan implantasi. Pendarahan ini terjadi saat embrio menempel pada dinding rahim.

Meskipun terlihat sama, namun jika diperhatikan dengan baik maka Anda akan menemukan berbagai perbedaan diantara keduanya. Jika darah menstruasi keluar dengan intensitas yang cukup banyak, maka darah implantasi ini cukup keluar dalam bentuk tetesan darah saja. Hal ini juga tidak berlangsung lama.

Anda pun bisa membedakan kedua jenis darah yang keluar dari wagina tersebut dari warna darahnya. Darah menstruasi cenderung berwarna merah atau gelap. Namun darah implantasi cenderung berwarna terang atau bahkan berwarna cokelat.

Gatal Saat Hamil

Berbagai perubahan kondisi tubuh terjadi selama proses kehamilan berlangsung. Salah satu perubahan tersebut adalah meregangnya kulit seiring dengan pertumbuhan bayi di dalam rahim. Peregangan kulit tersebut yang memicu timbulnya strechmark pada kulit ibu hamil.

Menurut seorang dokter kandungan bernama Ray Kamali, strechmark yang muncul pada kulit ibu hamil bisa berlanjut dengan keluhan gatal atau ruam kemerahan. Penelitian menunjukkan bahwa gangguan tersebut kemungkinan merupakan respon imunologi tubuh terhadap antigen bayi yang bersirkulasi.

Lantas, apakah gatal tanda hamil merupakan hal yang biasa terjadi pada wanita yang hamil muda? Menurut seorang bidan berkebangsaan Inggris bernama Jules Robertson, rasa gatal yang muncul pada ibu hamil umumnya terjadi saat usia kandungan menginjak 28 minggu. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan wanita dengan kehamilan trimester pertama mengalami hal tersebut.

Cara Mengatasi

Jika Anda merasakan gatal atau ruam kemerahan pada kulit, sangat dianjurkan untuk tidak menggaruk bagian tersebut karena bisa mengakibatkan bekas luka saat Anda telah melahirkan kelak. Salah satu cara meredakannya adalah dengan kompres air dingin atau es. Sensasi dingin yang ditimbulkan bisa membuat kulit sedikit rileks.

Selain itu, Anda juga harus mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup agar terhindar dari dehidrasi. Dehidrasi ini bisa menyebabkan kulit kering yang bisa memperparah keluhan gatal yang terjadi. Selain itu, Anda pun bisa mengganti sabun mandi dengan produk ber-pH normal serta mengoleskan lotion pelembap untuk membuat kulit tetap lembap.

Lantas, apakah gatal tanda hamil yang bisa terjadi pada setiap wanita? Jawabannya bisa ya bisa saja tidak. Hal ini karena perbedaan kondisi tubuh serta bawaan janin yang berbeda-beda. Jika gatal yang dialami semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Silahkan kunjungi orami.co.id untuk mendapatkan informasi lainnya.

Like and Share ya 🙂