Cara Membersihkan Botol Bayi yang Aman dan Higenis

Cara Membersihkan Botol Bayi yang Aman dan HigenisBotol sering dipergunakan untuk mempermudah anak mengonsumsi susu. Penggunaannya sendiri terbilang aman karena botol terdesain sesuai kebutuhan si kecil. Namun, untuk bayi yang masih beberapa bulan ada baiknya diberikan ASI secara langsung. Selain nyaman hal tersebut meningkatkan interaksi ibu dengan anak. Sedangkan bagi Anda yang merasa bahwa anaknya sudah siap minum dengan botol.

Ada baiknya Anda memperhatikan bentukan dari dot botol. Hindari dot yang terlalu kecil ataupun besar. Sebab, lubang dot yang kecil membuat angin lebih banyak masuk ke perut. Kejadian ini yang tanpa sengaja menimbulkan kembung pada anak. Sedangkan untuk dot lubang yang terlalu besar akan menyulitkan anak meminum susu.

Nah, untuk memastikan hal itu tidak terjadi orang tua wajib memastikan dot sesuai dengan kebutuhan. Kebiasaan minum susu menggunakan botol memang bukan sesuatu yang dilarang. Tetapi ketika kebiasaan ini berlangsung dalam waktu panjang. Tentu saja akan menimbulkan risiko yang cukup merugikan si anak.

Mulai dari timbulnya masalah pada gigi hingga kerusakan saraf. Sebelum hal ini terjadi orang tua wajib mengurangi penggunaan botol. Tepat, tidak ada salahnya jika mulai mengajarkan anak dengan cara minum lain. Misalnya saja, tawarkan si kecil minum menggunakan cangkir. Anda juga bisa memberikan jenis minuman lain yang bisa ia konsumsi tanpa botol.

Mengubah kebiasaan ngebotol tentu bukan sesuatu yang mudah. Awalan anak pasti rewel karena apa yang ia sukai tidak bisa terwujud. Ada beberapa anak sampai demam karena botol kesukaannya hilang. Disaat seperti ini orang tua diharuskan berkomunikasi dengan si kecil. Terangkan dengan mudah kenapa dia sudah tidak diperbolehkan menggunakan botol dan lainnya. Sedangkan untuk bayi atau anak yang masih membutuhkan botol.

Anda harus memastikan kebersihan botol. Nah, proses membersihkan botol sendiri tidak boleh sembarang. Berbagai sumber menerangkan bahwa ada baiknya jika botol direndam air hangat sebelum dipakai. Sedangkan untuk pencuciannya aplikasikan sabun khusus. Dari sekian banyak produk yang ada. Sleek baby pembersih botol termasuk produk yang kerap digunakan.

Selain aman produk spesial bayi tersebut juga telah memenuhi standar aman dari lembaga terkait. Sehingga Anda tidak perlu khawatir karena kesehatan bayi terjaga dengan baik. Seperti yang sudah diketahui bahwa mengurus anak bukan perkara mudah. Orang tua seakan berada pada zona belajar tiada henti. Di sini Anda tidak hanya memberikan keperluan anak secara fisik.

Kebutuhan batin mereka juga perlu diberikan sebagai bentuk afeksi tertinggi. Bukan sesuatu yang aneh jika banyak penelitian yang menjelaskan mengenai kuatnya hubungan anak dengan orang tua. Bukankah pada saatnya makhluk kecil ini akan tumbuh menjadi manusia dewasa yang mengemaskan? Semoga bermanfaat.

Like and Share ya 🙂