Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Bahan Sederhana

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Bahan SederhanaKutu rambut dapat menimbulkan berbagai rasa tidak nyaman, mulai dari gatal hingga mengganggu penampilan. Hal tersebut tentu tidak dapat dikatakan masalah yang sederhana. Meski demikian, cara menghilangkan kutu rambut dapat dilakukan menggunakan bahan sederhana. Apa saja bahan tersebut? Berikut pembahasannya.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh yang cukup efektif membunuh kutu rambut beserta telurnya. Selain itu, minyak kelapa dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala karena memiliki kandungan vitamin E.

Cara menggunakannya cukup mudah, oleskan minyak kelapa yang sudah dihangatkan secara menyeluruh pada kulit kepala dan rambut. Setelah itu, gunakan penutup kepala dan biarkan semalaman. Keesokan harinya, bersihkan dengan menggunakan sampo dan bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini 2 kali seminggu untuk hasil lebih maksimal.

Cuka

Cara menghilangkan kutu rambut selanjutnya adalah menggunakan cuka. Cuka memiliki kadar pH yang asam, di mana sifat asamnya ini mampu membunuh kutu rambut. Kadar pH pada cuka juga mampu menjaga pH rambut, sehingga kutu menjadi tidak betah dan tidak akan balik lagi.

Cara menggunakannya campurkan cuka dengan minyak kelapa dan aduk hingga merata. Oleskan campuran bahan ini pada kulit kepala dan rambut kemudian tutup menggunakan shower cap. Biarkan selama semalam dan setelah bangun bersihkan menggunakan sampo dan bilas dengan air hangat.

Bawang Putih

Dilansir dari Top 10 Home Remedies, aroma bawang putih yang menyengat mampu membuat kutu rambut mati seketika. Selain itu, kandungan antibakteri pada bawang putih dapat menjaga rambut dan kulit kepala dari resiko infeksi kuman.

Cara menggunakannya, campurkan bawang putih yang sudah dihaluskan dengan 3 sdt jeruk nipis atau lemon dan aduk hingga merata. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala dan rambut secara merata, lalu tutup dengan shower cap. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Anda juga bisa menggunakan sampo untuk menghilangkan baunya.

Alkohol

Selain berfungsi sebagai antiseptik dan antibakteri, alkohol 70 persen juga ampuh membunuh kutu rambut beserta telurnya. Namun, cara ini tidak dapat digunakan jika Anda memiliki luka terbuka pada kulit kepala. Pasalnya, hal tersebut dapat menyebabkan rasa panas dan perih serta dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala.

Cara penggunaannya, tuangkan alkohol pada telapak tangan dan oleskan pada kulit kepala dan rambut secara menyeluruh sambil melakukan pijatan lembut pada kulit kepala. Biarkan selama 20—30 menit, lalu gunakan sisir serit untuk menyisir kutu yang sudah mati. Setelah selesai, bersihkan rambut menggunakan sampo dan kondisioner.

Itulah beberapa cara menghilangkan kutu rambut menggunakan bahan-bahan sederhana. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan rumah dan tempat tidur serta hindari menggunakan sisir bersamaan, guna mencegah kutu rambut datang kembali. Informasi menarik lainnya seputar kesehatan, parenting serta ibu dan anak bisa Anda lihat di laman parenting.orami.co.id.

Like and Share ya 🙂