Kreasi Tepung Kacang Hijau untuk MPASI si Kecil

Kreasi Tepung Kacang Hijau untuk MPASI si Kecil

Salah satu bahan makanan yang dapat digunakan untuk pembuatan MPASI adalah kacang hijau. Kacang hijau bisa diolah menjadi tepung kacang hijau terlebih dahulu sebelum dicampur dengan bahan makanan lainnya. Pembuatan tepung kacang hijau cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah.

Cara Membuat Tepung Kacang Hijau

Walaupun tepung kacang hijau bisa Bunda beli secara online, namun membuat tepung kacang hijau sendiri pasti lebih aman dan higienis. Langkah-langkah pembuatan tepung kacang hijau untuk MPASI, yaitu:

  • Pilih kacang hijau yang berkualitas dan rendam satu kilo gram kacang hijau selama 24 jam agar kacang hijau menjadi lebih lunak.
  • Buang air bekas rendaman dan cuci kacang hijau menggunakan air mengalir. Remas kacang hijau untuk membersihkan kulit ari.
  • Sangrai kacang hijau menggunakan wajan yang bersih kira-kira selama 20 menit. Tunggu kacang hijau sampai dingin selama 1 sampai 2 jam.
  • Setelah itu, tumbuk kacang hijau hingga halus atau Bunda bisa menggunakan blender.
  • Saring tepung kacang hijau dan simpan di wadah tertutup.

Kreasi Tepung Kacang Hijau Untuk MPASI

Ketika Si Kecil mulai sering makan MPASI maka frekuensi penggantian popok juga akan menjadi lebih sering. Untuk mencegah terjadinya ruam, Bunda perlu memilih popok lembut dengan daya serap yang tinggi https://merries.co.id/community-parenting/resep/jangan-bingung-simak-cara-membuat-tepung-kacang-hijau-untuk-mpasi.

  1. Bubur pisang tepung kacang hijau

Buah pisang banyak dipilih ibu-ibu untuk berbagai kreasi menu MPASI. Bunda bisa membuat menu bubur pisang ditambah dengan tepung kacang hijau yang dapat membantu memperkuat pencernaan pada bayi.

Cara pembuatannya sangat mudah, masukkan pisang ambon dan tepung kacang hijau ke dalam blender dengan umlah pisang lebih banyak dua kali lipat dari tepung kacang hijau. Setelah halus, Bunda juga bisa menambahkan air perasan jeruk manis ke dalam bubur. Rasa bubur pisang tepung kacang hijau yang manis akan membuat Si Kecil makan semakin lahap.

  1. Bubur kacang hijau wortel dan apel

Bunda hanya memerlukan tepung kacang hijau, wortel, dan apel untuk membuat bubur ini. Usahakan memasak sayuran dengan cara dikukus ketika menambahkan pada MPASI agar nutrisi yang ada di dalamnya tidak terbuang percuma. Kukus wortel hingga empuk, setelah itu masukkan 20 gram wortel, 50 gram tepung kacang hijau, dan ¼ buah apel ke dalam blender.

  1. Bubur kacang hijau dan jagung

Bubur kacang hijau dan jagung ini terbuat dari tepung kacang hijau dan tepung jagung. Pertama, Bunda perlu merebus jagung hingga empuk. Setelah itu, blender bulir jagung menggunakan blender dan saring. Campurkan dengan tepung kacang hijau dan tambahan ASI dan aduk rata. Jagung memiliki kandungan antioksidan yang akan membuat Si Kecil memiliki daya tahan tubuh yang baik.

Selain menu tersebut, Bunda juga bisa mengombinasikan tepung kacang hijau dengan bahan lainnya. Lihat reaksi yang diberikan Si Kecil dari setiap MPASI yang Bunda berikan. Untuk mendukung pencernaannya yang semakin kuat, Bunda juga perlu menggunakan popok yang berkualitas.

Like and Share ya 🙂