Mengenal Lebih Dekat Konsep Smart City yang Modern

Mengenal Lebih Dekat Konsep Smart City yang Modern

Smart city bisa dibilang mulai sering Anda dengar di berbagai tempat maupun berbagai artikel. Bahkan mulai banyak orang yang mendambakan untuk bisa tinggal di kota yang mengusung konsep satu ini. Namun tidak bisa dipungkiri juga bahwa masih banyak orang di luar sana yang masih asih dengan istilah ini. Berikut penjelasan lebih detailnya supaya Anda mengenalinya.

Apa Itu Kota Pintar?

Sebelum melangkah lebih jauh tentunya sangat penting bagi Anda untuk bisa mengetahui definisi dari konsep ini dulu. Konsep ini yang juga dikenal dengan kota pintar adalah sebuah konsep hunian yang mampu mengelola sumber daya yang ada secara lebih baik dan juga lebih maksimal. Hal ini untuk membuat penghuninya dimudahkan dan juga merasakan manfaatnya.

Selain itu, kota pintar ini juga dikenal karena mampu memaksimalkan sumber daya teknologi hingga internet yang lebih canggih. Pemanfaatan ini sendiri digunakan untuk pengembangan sekaligus pengelolaan kota itu sendiri. Dengan pemanfaatan daya teknologi hingga internet ini akan membuat kota akan menjadi lebih efektif dan juga efisien dalam tata kerjanya.

Aspek Utama yang Mesti Dimiliki

Tentunya kota pintar atau kota cerdas ini mesti memiliki beberapa aspek utama yang mesti dipenuhi untuk bisa memenuhi kualifikasi. Aspek utama yang mesti dipenuhi itu sendiri berupa smart governance, smart infrastructure, smart technology, smart mobility, smart healthcare, smart energy hingga smart citizen. Semua aspek tersebut tidak boleh ada yang kurang.

Tanpa adanya salah satu aspek yang sudah disebutkan barusan maka kota pintar atau kota cerdas tersebut tidak akan lengkap. Untuk itulah, penting sekali dalam menyiapkan berbagai aspek tersebut terlebih dulu sebelum mengkreasikan kota pintar seperti yang diinginkan. Bahkan dibutuhkan riset yang mendalam terlebih dulu mengkreasikan kota pintar seperti ini.

Tujuan Dibangunnya

Hal terpenting yang juga tidak boleh sampai dilewatkan adalah tujuan dibangunnya dari Smart City ini sendiri. Soalnya tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak orang yang asing dengan istilah yang satu ini. Tujuan pertamanya sendiri adalah untuk mewujudkan sebuah kota yang nyaman untuk ditinggali dan juga memiliki fasilitas yang mudah dijangkau oleh penghuninya.

Tujuan berikutnya dari dibangunnya kota pintar ini adalah mampu memiliki daya saing ekonomi yang bersaing dengan kota-kota lainnya. Hal ini tentunya dengan tujuan akhir untuk menyejahterakan semua penghuni kotanya terutama dalam segi ekonomi. Sedangkan untuk tujuan akhirnya adalah untuk membentuk sebuah kota yang stabil dari berbagai aspeknya.

Perkembangannya di Indonesia

Hal terakhir yang mesti Anda ketahui adalah perkembangan konsep kota pintar ini di negara Indonesia sendiri. Tentunya untuk dibandingkan dengan berbagai negara maju lainnya akan terasa sangat kurang adil. Soalnya bisa dibilang, kota di Indonesia masih terlalu jauh untuk bisa disandingkan kota-kota seperti Paris, Los Angeles, Copenhagen hingga kota Amsterdam.

Meski begitu, bukan berarti tidak ada kota di Indonesia yang melakukan perbenahan untuk bisa mewujudkan konsep tersebut. Sebut saja seperti kota Jakarta dan Bandung yang pergerakannya terlihat paling jelas untuk mewujudkan hal ini. Khusus untuk kota Jakarta hal tersebut dapat terlihat langsung dari adanya ruangan khusus Jakarta Smart City Lounge yang canggih.

Dengan semua penjelasan di atas tentunya akan membuat Anda lebih paham tentang Smart City itu. Sangat penting terutama bagi Anda yang tinggal di kota besar. Tentunya pembangunan dari kota pintar tersebut tidak akan bisa mewujud sempurna tanpa adanya teknologi dan internet yang canggih. Untungnya, sekarang ini ada Lintasarta yang bisa diandalkan untuk menyediakannya.

Like and Share ya 🙂